Kamis, 14 Maret 2013

LAPORAN STUDY BANDING

BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG

Studi banding (comparison study) biasa dilakukan untuk maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lain, kegiatan study banding dilakukan oleh kelompok kepentingan untuk mengunjungi atau menemui obyek tertentu yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif singkat. Intinya adalah untuk membandingkan kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada ditempat sendiri. Hasilnya  berupa pumpunan data dan informasi sebagai bahan acuan dalam perumusan konsep yang di inginkan.
            Study banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.
            Dalam study banding mahasiswa hendaknya melihat semua aspek positif yang ada pada tempat tujuan studi banding, mulai dari kegiatan PBM, akademik, dan kemahasiswaan. Pengetahuan – pengetahuan yang di peroleh di lokasi studi banding tentunya di harapkan akan mampu menjadi informasi dan cerminan dalam rangka mewujudkan program-program prioritas yang sudah di canangkan oleh STIE MUHAMMADIAH mamuju.
Proram  study banding kali ini di adakan di dua daerah yaitu Surabaya dan bali, untuk di Surabaya kami mengunjungi PT SIER (Surabaya industrial estate runtuk) dan kunjungan ke STIE MUHAMMADIAH Surabaya. untuk di daerah BALI kami mengunjungi SD muhammadiah dan selanjutnya kunjungan wisata ke pantai. Study banding kali ini untuk gelombang pertama di dikuti oleh seratus mahasiswa dan sepuluh dosen pembimbing, Demi kelancaran kegiatan tersebut pihak STIE MUHAMMADIAH Mamuju bekerja sama dengan travel talenta dan selaku penanggung jawab semua fasilitas yang dibutuhkan , mulai dari transfortasi darat, transportasi laut , transportasi udara sampai ke tempat penginapan atau hotel.
A.     MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
A.a. MAKSUD KEGIATAN
Kegiatan studi banding ini dinilai amat penting mengingat konsep dan pelaksanaan kebijakan sekolah tinggi ilmu ekonomi di mamuju masih relatif baru, dan oleh karena itu maka masih diperlukan penilaian secara dini terhadap praktik-praktik terbaik (best practise) maupun prakti-praktik yang mungkin terjadi penyimpangan atau kekeliruan dalam pelaksanaan roda organisasi dalam pendidikan dilapangan. Hasil kegiatan studi banding ini di harapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran dan sekaligus masukan untuk perbaikan mutu pendidikan khususnya mahasiswa STIE muhammadiah mamuju dimasa yang akan datang.
A.b TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dasar dari studi banding ini yaitu belajar pada sebuah daerah lain yang telah maju dalam penerapan pendidikan dan pembangunan sehingga masyarakat di daerah tersebut pun sejahtera. Dan untuk kami sendiri sebagai mahasiswa menjadi bahan acuan untuk melangkah kemasa depan dengan maksud lebih baik lagi dengan niat merubah nasib kami dan merubah daerah tempat kami berpijak untuk menata arah kemasa depan masyarakat adil dan makmur.
B.. BENTUK EGIATAN
B.a. KUNJUNGAN KE PT. SIER SURABAYA
PT. Surabaya industrial estate rungkut (persero) di dirikan pada tanggal 28 pebruari 1974 untuk mengelola clan mengembangkan kawasan industry. Di Indonesia khususnya di daerah jawa timur, SIER merupakan industry terbaik, terbesar dan paling terkenal. Di kembangkan oleh PT.SIER berdasarkan master plan yang rapi untuk memenuhi kebutuhan yang nyata akan industry dan lingkungan hidup. Dikelola dengan baik untuk meningkatkan efesiensi dan produktifitas termasuk fasilitas pengolahan air limbah, kemudahan akses ke pelabuhan samudra tanjung perak dan Bandar udara juanda. Berlokasi di kotamadya Surabaya, kota terbesar ke-2 di Indonesia  dan merupakan pusat pertumbuhan ekonomi terpesat dengan penduduk 3,5 juta jiwa.
PT. SIER MENGELOLA 3 KAWASAN INDUSTRI :
1.    Surabaya industrial estate rungkut seluas 245 Ha, telah ditempati oleh hamper 300 perusahaan yang menampung puluhan ribu pekerja.
2.    Sidoarjo industrial estate berbek yang berdiri di atas lahan seluas 87 Ha dan telah menampung lebih dari 9,000 tenaga kerja.
3.    Pasuruan industrial estate rembang dengan luas lahan 500 Ha, siap menunggu investasi anda, berlokasi 60 km dari pelabuhan tanjung perak Surabaya dihubungkan dengan jalan toll.

D. PELAKSANAAN KEGIATAN
E.WAKTU DAN TEMPAT
Ea.SURABAYA
Tiba jam 08 : 00 kami langsung menuju pt sier

F.PESERTA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar